Dilihat : 46 x

Kalium: M1neral Penting yang Seringkali Terlupakan

Penulis :

Kalium: M1neral Penting yang Seringkali Terlupakan

BANDUNG, CMIHOSPITAL.COM - Kalium adalah suatu jenis mineral yang tergolong dalam elektrolit—mineral yang dapat menimbulkan arus listrik dalam tubuh. Elektrolit berperan dalam menjaga keseimbangan cairan tubuh, tingkat keasaman, fungsi otot, dan irama jantung. Elektrolit dapat terbuang melalui keringat. Karena itu, penting untuk mengganti elektrolit tersebut untuk menjaga keseimbangan tubuh.


     Kalium dapat bekerja dengan baik jika kadarnya dalam darah seimbang dengan jenis elektrolit lainnya, natrium: keduanya bekerja seperti yin dan yang, natrium menjaga air tetap berada dalam tubuh sedangkan kalium mengikat air untuk dikeluarkan dari dalam tubuh. Perbandingan yang baik antara kalium dan natrium adalah 7:1. Namun, pada makanan-makanan kalengan atau makanan yang diawetkan, natrium memiliki porsi yang jauh lebih besar dibandingkan dengan kalium. Sejak tahun 1995, berdasarkan penelitian oleh American Journal of Physiology, makanan yang beredar di pasaran memiliki kadar natrium tiga kali lebih banyak daripada kalium. Dampaknya, porsi air yang tertahan dalam tubuh lebih banyak dibadingkan porsi air yang keluar. Hal ini menimbulkan peningkatan volume air dalam darah sehingga menimbulkan peningkatan tekanan darah atau hipertensi.

Kalium: M1neral Penting yang Seringkali Terlupakan

     Karena itu, diperlukan asupan makanan yang kaya akan kalium untuk menyeimbangkan kadar air dalam tubuh. Kalium banyak terkandung dalam sayuran dan buah-buahan. Buah-buahan yang kaya akan kalium diantaranya adalah jeruk, pisang, dan kiwi. Kalium juga terdapat pada sayur-mayur seperti brokoli, tomat, ubi, dan kulit kentang. Selain itu, kalium juga banyak terkandung dalam ikan salmon, kedelai, dan yogurt.

Share on: