Dilihat : 263 x

Cegah Diabetes dengan Berolahraga

Penulis :

Cegah Diabetes dengan Berolahraga

BANDUNG, CMIHOSPITAL.COM – Olahraga sering dipandang sebagai aktivitas yang melelahkan dan membutuhkan energi besar. Padahal olahraga memiliki banyak manfaat, khususnya dalam menjaga tubuh agar tetap sehat. Seseorang juga bisa menjadi lebih bahagia karena selama berolahraga terjadi penurunan hormon kortisol dan peningkatan hormon norepinefrin yang dapat membantu mengurangi stres, kecemasan, hingga depresi. Menariknya, olahraga ringan dapat menjadi solusi bagi penderita diabetes apabila dilakukan selama 60 sampai 90 menit perhari.

Energi besar yang dibutuhkan selama berolahraga mendorong tubuh untuk menggunakan lebih banyak gula, baik yang ada dalam otot ataupun gula yang ada dalam darah. Sehingga dengan  berolahraga stabilitas kadar gula darah dalam tubuh dapat terjaga, sekaligus membantu merevitalisasi sensitivitas insulin, meningkatkan kolesterol baik (HDL), mencegah obesitas, dan menjaga kelenturan otot-otot tubuh.

Cegah Diabetes dengan Berolahraga

Jenis olahraga apa yang diperbolehkan untuk penderita diabetes?
Banyaknya manfaat yang bisa diperoleh menjadi alasan mengapa penderita diabetes sangat dianjurkan untuk rutin melakukan olahraga. Namun, jenis olahraga yang hendak dilakukan harus diperhatikan agar tidak memperburuk kondisi tubuh penderita diabetes. Di bawah ini adalah beberapa jenis olahraga yang bisa menjadi solusi untuk mengendalikan kadar gula dalam darah:
1.    Jalan Cepat
Olahraga jenis ini melatih kekuatan otot jantung, melancarkan peredaran darah, mencegah obesitas, menghilangkan stres, dan menjaga stabilitas gula darah sehingga olahraga jalan cepat dapat ikut membantu penanganan diabetes.
2.    Angkat Beban Ringan
Menjamurnya pusat layanan olahraga seperti gymnasium bisa menjadi pilihan bagi penderita diabetes. Angkat beban berperan dalam peningkatan massa otot dan juga meningkatkan efektifitas penggunaan insulin yang dapat membantu mengendalikan kadar gula dalam darah.
3.    Bersepeda
Kegiatan olahraga ini dapat menjadi solusi diabetes karena  dengan bersepeda peredaran darah akan semakin lancar serta mengurangi stres dan menurunkan berat badan, kegiatan ini tidak hanya menurunkan resiko penyakit diabetes tetapi juga dapat membantu selama menjalani pengobatan diabetes.


Aktivitas fisik seperti olahraga secara rutin membantu penderita diabetes untuk menjaga stabilitas kadar gula darah tetap dalam batas normal. Untuk informasi seputar diabetes melitus dan pengendalian kadar gula darah, hubungi CMI Hospital - Rumah Sakit Diabetes melalui hotline berikut: (022) 253-1000 atau 0811 9161 166 (WhatsApp).

Share on: