Dilihat : 163 x

Kanker yang Kebal Terhadap Kemoterapi

Penulis :

Kanker yang Kebal Terhadap Kemoterapi

Bandung, CMIhospital.com - Sel-sel dalam tubuh kita seharusnya tumbuh dengan teratur, namun terkadang mereka berubah menjadi monster tak terkendali yang kita kenal sebagai kanker. Untuk menghancurkan sel-sel kanker berlebih ini, dilakukan pengobatan seperti kemoterapi yang bekerja dengan pemberian zat kimia yang kuat pada tubuh untuk membunuh dan menghentikan pertumbuhannya sel kanker dalam tubuh.


Bagaimana konsep kekebalan kanker terhadap pengobatan kemoterapi ini?

Kanker yang kebal atau resisten terhadap pengobatan seperti kemoterapi, radioterapi dan  pengobatan lainnya biasa dikenal dengan istilah medis Refractory cancer. Kebalnya kanker ditandai dengan sel kanker yang sudah tidak lagi merespon pengobatan.


Apa penyebab kanker kebal terhadap kemoterapi?

Bayangkan tubuh anda sebagai benteng, sistem kekebalan tubuh anda dan pengobatan kemoterapi adalah tentara yang melindunginya sementara sel-sel kanker adalah musuh yang berusaha untuk menyusup dan menyerang.


Awalnya, sel kanker mencoba menyerang tubuh lalu terdeteksi kemudian diserang kembali oleh sistem imun dan zat kemoterapi. Namun seiring berjalannya waktu, sel kanker berevolusi dan menyesuaikan diri dari serangan imun tubuh dan kemoterapi tersebut, hal ini dapat menyebabkan sel kanker menjadi lebih kuat dalam menghadapi serangan imun dan zat kemoterapi..


Jadi, sifat sel kanker yang pintar, mudah berevolusi dan bermutasi inilah yang menjadi penyebab utama dari kekebalan kanker terhadap pengobatan seperti kemoterapi.


Lalu, bagaimana cara mengobati kanker yang sudah kebal?

Pengobatan kanker yang sudah tidak efektif lagi dapat diibaratkan seperti menangkap ikan dengan tangan kosong. Hal ini tentu menjadi kesulitan dan tantangan, baik bagi pasien maupun dokter yang menangani.


Celakanya, seringkali kanker yang kebal terhadap satu jenis pengobatan juga kebal untuk pengobatan kanker lainnya. Jadi, hal utama yang bisa dilakukan adalah dengan mencegah kanker tersebut menjadi kebal dengan memilih pengobatan terbaik se-tepat mungkin.


Dengan kata lain, penderita kanker harus menggunakan senjata terbaik dan tercepat dalam menangani kanker sedari awal, terlebih-lebih karena adanya kemungkinan kanker yang menjadi kebal terhadap pengobatan.


Jika kemoterapi, radioterapi dan pengobatan kanker lain bekerja dengan satu cara; menyerang sel kanker agar mati dan menghambat pertumbuhannya, pengobatan kanker di CMI Hospital bekerja dengan beberapa cara yang unggul, seperti :


1. Meningkatkan imun tubuh

Berbeda dengan kemoterapi yang justru melemahkan imun tubuh, pengobatan kanker CMI bekerja dengan meningkatkan imun tubuh agar pasien tetap kuat dan bugar selama masa pengobatan. Imun tubuh yang kuat pun akan membantu obat dalam menghancurkan sel kanker


2. Membunuh sel kanker secara spesifik sehingga tidak merusak sel-sel normal pasien

Mayoritas efek samping yang dirasakan pasien kemoterapi seperti :
●    Kebotakan rambut
●    Kelelahan
●    Kuku rapuh dan menghitam
●    Kulit rusak, kering dan nyeri
●    Anemia
●    Imun atau kekebalan tubuh melemah
●    Gangguan kesuburan
●    Gangguan pencernaan
Hal ini biasanya disebabkan oleh sel-sel normal yang ikut terserang oleh zat kimia dari kemoterapi yang tidak bisa membedakan mana sel kanker dan mana sel sehat. Pengobatan CMI dapat membedakan sel kanker dengan sel yang sehat sehingga bisa membunuh sel kanker secara spesifik.


3. Memperbaiki susunan struktur genetik dari sel

Pengobatan kanker CMI Hospital juga bekerja dengan memperbaiki susunan genetik dari sel-sel yang bermutasi dapat kembali normal.


4. Memberi nutrisi pada sel-sel yang rusak

Memberi nutrisi pada sel-sel yang rusak sehingga dapat kembali sehat dan dapat bekerja secara normal.


5. Menghalangi jalur nutrisi kanker

Selain karena pertumbuhan sel yang abnormal, sel kanker juga bisa berkembang banyak karena mengambil nutrisi dari tubuh. Pengobatan CMI dapat menghalangi jalur nutrisi kanker agar kanker kekurangan nutrisi dan tidak dapat tumbuh atau berkembang.


Pada pengobatan CMI ini, sel kanker dihancurkan tidak hanya dengan satu cara melainkan beberapa; Meningkatkan imun tubuh agar sel kanker bisa dihancurkan oleh imun tubuh juga, menghalangi jalur nutrisi yang dibutuhkan kanker hingga kanker tidak mendapat nutrisi dan mati, dan menghancurkan sel kanker secara spesifik.


Selain bekerja dengan beberapa cara, pengobatan kanker Klinik Utama CMI pun dirancang khusus menyesuaikan kondisi pasien masing-masing dan mengutamakan kenyamanan serta kesehatan pasien.


Segera konsultasikan dengan gratis pada dokter dan tim edukasi kami melalui Kontak CMI Hospital

Kanker yang Kebal Terhadap Kemoterapi

-

Share on: