Dilihat : 139 x

Kanker dan COVID-19

Penulis :

Kanker dan COVID-19

Bandung, CMIHOSPITAL.com – Pandemi COVID-19 telah meluluhlantakkan dunia bahkan sampai saat ini efeknya masih terasa. Seluruh populasi manusia berjuang bersama untuk mengadaptasikan diri pada realita yang baru dan ketidakpastian yang ada.

Bukan sekali atau dua kali umat manusia mengalami kejadian seperti ini. Ada banyak pejuang yang telah lama bertempur bahkan sebelum pandemi menyerang, yaitu: pasien kanker.

Bagi pasien kanker, setiap hari adalah perjuangan melawan musuh kejam yang tak kasat mata. Namun dengan munculnya pandemi COVID-19, hadirlah tantangan-tantangan baru yang membuat perjuangan mereka yang sudah sulit semakin jauh lebih sulit.

Meskipun tahun 2023 ini situasi pandemi COVID-19 dapat dikatakan sudah semakin membaik, tetapi orang-orang yang memiliki risiko tinggi terhadap virus COVID-19 tetap tidak  boleh dilupakan.


Ada Apa dengan Kanker dan COVID-19?

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa pasien kanker lebih rentan terhadap infeksi karena lemahnya sistem imun tubuh.

Hal ini merupakan masalah yang timbul akibat pengobatan kanker seperti kemoterapi, radioterapi dan stem cell transplant yang memiliki efek samping menghancurkan sel imun tubuh atau sel darah putih hingga kekebalan atau pertahanan tubuh menjadi sangat lemah.

Dengan minimnya pertahanan tubuh, zat-zat asing yang membahayakan tubuh seperti bakteri, virus dan kuman tidak dapat ditepis.

Virus COVID-19 dapat menyebabkan penyakit pernapasan, dan bagi pasien kanker yang memiliki gangguan pada pernapasan, hal ini bisa menjadi fatal. Bahkan, virus COVID-19 dapat memperparah penyakit tertentu seperti penyakit diabetes dan jantung, yang sering menjadi penyakit penyerta pada pasien kanker.


Apa Langkah Preventif Terbaik?

Penderita kanker bisa melakukan beberapa langkah pencegahan sebagai berikut :
1.    Pastikan anda telah mendapat vaksin yang diperlukan
2.    Usahakan untuk bekerja di rumah (WFH)
3.    Hindari orang-orang yang memiliki gejala COVID-19 seperti infeksi pernapasan, demam atau merasa tidak enak badan
4.    Hindari tempat ramai
5.    Pastikan ventilasi dan jendela rumah selalu terbuka agar udara segar bisa bersirkulasi
6.    Mintalah orang terdekat untuk melakukan rapid test sebelum mengunjungi anda
7.    Gunakan masker saat di tempat umum
8.    Rajin mencuci tangan dan hindari sering menyentuh daerah wajah
9.    Pilih penanganan kanker yang tepat

Terkait poin nomor 9, pemilihan tindakan penanganan kanker perlu dijadikan pertimbangan yang bijak, meskipun dibutuhkan untuk menangani penyakit kanker, beberapa metode terapi kanker banyak memiliki efek samping yang bisa fatal apabila terinfeksi virus COVID-19.

Meski begitu, perlu diingat bahwa tidak semua penanganan kanker memiliki dampak yang buruk bagi sistem imun tubuh. Beberapa tindakan, seperti yang tersedia di Klinik Utama CMI dirancang untuk meminimalisir efek samping dan bahkan meningkatkan kekuatan imun tubuh.

Dengan memilih penanganan kanker yang memprioritaskan keamanan dan keefektifan, pasien kanker dapat meminimalisir risiko komplikasi dari COVID-19 atau kanker itu sendiri.

Di Klinik Utama CMI, tim medis kami yang berpengalaman didedikasikan untuk memberikan perawatan dengan kualitas terbaik bagi pasien kanker seraya memastikan keamanan tetap terjaga selama masa pandemi.

Baca artikel tentang pengobatan kanker di Klinik Utama CMI untuk mengetahui cara kerjanya secara lengkap dan konsultasikan diri anda dengan gratis!
Alamat    : Jl. Tubagus Ismail VII No. 21, Sekeloa, Kecamatan Coblong, Jawa Barat 40134
Telepon    : (022) 253 1000
WA    : 0811 9161 166
Email    : info@cmihospital.com

Kanker dan COVID-19

-

Share on: