Faktor Resiko Batu Ginjal Dan Pencegahannya --- Faktor Resiko Kanker Ovarium Menjadi Momok Menakutkan Bagi Perempuan --- Kanker Paru Penyebab Kematian Utama Dalam Kelompok Kanker --- Kanker Darah Gangguan Pada Sistem Hematopoetik Total Terkait Dengan Sumsum Tulang Belakang Dan Pembuluh Limfe --- 80% Penderita Kanker Paru Adalah Mereka Yang Merokok ---

Ginjal

Beranda - Ginjal

Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang penting. Demikian pentingnya sehingga kegagalan fungsi ginjal dapat mengakibatkan fungsi ereksi terganggu sampai hal fatal seperti kematian. Namun berbagai cara dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan ginjal, diantaranya adalah menjaga pola makan yang sehat dan menghindari obat yang dapat merusak ginjal. Oleh: dr. Vivik K. Tjahjadi.


1. Anatomi Ginjal
image not found

Manusia mempunyai 2 buah ginjal, kiri dan kanan. Terletak pada dinding perut, kira kira setinggi pinggang, disisi kiri dan kanan tulang belakang dengan berat masing-masing sekitar 14o gram. Bentuk ginjal seperti biji kacang dengan sisi dalamnya yang disebut Hillum menghadap ketulang belakang. Sisi luarnya bentuk cembung. Pembuluh-pembuluh darah ginjal semuanya masuk dan keluar pada hillum.


2. Sistem Urinari terdiri dari :
image not found - Ginjal, yang mengeluarkan sekret urin
- Ureter yang menyalurkan urin dari ginjal ke kandung kemih
- Kandung kemih, yang bekerja sebagai penampung
- Uretra yang mengeluarkan urin dari kandung kemih.

Setiap ginjal dilingkupi pembungkus tipis yang dibentuk dari jalinan jaringan ikat yang rapih. Dibagian dalam terdapat struktur-struktur ginjal, warnanya ungu tua dan terdiri atas bagian kortes (sebelah luar) dan medula (sebelah dalam). Bagian meduula tersusun atas 15-16 massa gerenuk piramid yang disebut pyramis ginjal. Puncak-puncak piramis ini langsung mengarah ke hillum dan berakhir pada kalises. Kalises ini yang menghubungkan pyramis dengan pelvis ginjal untuk melanjutkan aliran urin ke ureter dan seterusnya. Struktur halus ginjal terdiri atas banyak nefron yang merupakan satuan-satuan fungsional ginjal. Diperkirakan ada 1 juta nefron dalam setaip ginjal. Setiap sistem nefron disuplai oleh dua jaringan kapiler berupa glomerulus dan kapiler peritubulus. Glomerulus bersifat seperti saringan yang dilengkapi lapisan/membran yang disebut kapsul bowman. Tubulus gerenuk adalah saluran yang panjang bisa lurus bisa berkelok-kelok, ada yang jalannnya menaik ada pula yang menurun. Berlanjut sebagai tabula penapung yang berjalan melintasi korteks dan medula, berakhir di puncak salah satu pyramis ginjal dan selanjutnya berhubungan dengan pelvis ginjal.


Fungsi dasar nefron adalah untuk membersihkan atau menjernihkan plasma darah yang mengalir melalui ginjal dari zat yang tidak dikehendaki. Zat-zat yang harus dikeluarkan terutama meliputi produk akhir metabolisme seperti ureum, kreatin, asam urat, ion natrium, kalium, klorida dan ion hidrogen yang cenderung berkumpul di dalam tubuh dalam jumlah berlebihan . Fungsinya :
- Pengaturan keseimbangan air dalam tubuh
- Pengaturan kosentrasi garam dalam darah
- Pengaturan keseimbangan asam basa darah
- Fungsi pengeluaran(ekskresia) bahan buangan dan keelboat garam


Ginjal Akut Ginjal Kronis Pemeriksaan
Image not found!

Hubungi Kami