Faktor Resiko Batu Ginjal Dan Pencegahannya --- Faktor Resiko Kanker Ovarium Menjadi Momok Menakutkan Bagi Perempuan --- Kanker Paru Penyebab Kematian Utama Dalam Kelompok Kanker --- Kanker Darah Gangguan Pada Sistem Hematopoetik Total Terkait Dengan Sumsum Tulang Belakang Dan Pembuluh Limfe --- 80% Penderita Kanker Paru Adalah Mereka Yang Merokok ---

Detail Artikel

Beranda - Artikel - Detail Artikel

← Kembali

Kanker Paru Penyebab Kematian Utama Dalam Kelompok Kanker


kanker paru penyebab kematian utama dalam kelompok kanker

 

Membahas mengenai kanker seperti tak pernah ada habisnya. Kanker memang penyakit yang sangat ditakuti oleh setiap orang. namun kita juga tak bisa menutup mata bahwa kanker sampai saat ini masih menjadi pembunuh papan atas. Semua kalangan bisa mengidap kanker. Penyakit ini bisa menyerang organ mana saja dan menyebar ke seluruh tubuh tanpa permisi. Paru – paru pun tidak luput dari serangannya. Dapat anda bayangkan jika paru – paru kita terserang kanker, akan betapa sulitnya kita menghirup udara untuk sekedar bernapas. Menurut World Health Organization (WHO), kanker paru merupakan penyebab kematian utama dalam kelompok kanker. Kanker ini menyebabkan 157.300 orang di Amerika meninggal dunia pada tahun 2010. Kanker Paru juga merupakan jenis kanker terbanyak yang terjadi pada laki – laki di Indonesia.


Kanker paru adalah pertumbuhan sel kanker yang tidak terkendali dalam jaringan paru yang dapat disebabkan oleh sejumlah karsinogen. Umumnya berupa lapisan sel yang terletak pada saluran udara. Dalam pengertian klinik, yang dimaksud dengan kanker paru adalah tumor ganas yang berasal dari epitel bronkus. Kanker ini berkembang di sistem pernapasan di bagian bawah termasuk sel – sel dinding bronkus dan bronkiolus.


Penyebab kanker paru ini belum diketahui secara pasti. Namun paparan dari zat karsinogen adalah hal yang sangat berpengaruh dan menjadi faktor penyebab utama. Zat karsinogen yang mungkin mengenai paru – paru adalah; Asbestos yang sering menimbulkan mesotelioma. Radiasi ion pada pekerja tambang uranium. Radon arsen, kromium, nikel, polisiklik, hidrokarbon, vinil klorida. Selain itu dipengaruhi pula oleh faktor genetik, riwayat paparan radiasi daerah torak, polusi udara dan penyakit paru seperti pneumonitis intersisial kronik. Zat karsinogen yang paling berbahaya penyebab kanker paru – paru adalah asap rokok. Kejadian kanker paru pada perokok lebih tinggi jika dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok. American Cancer Society pada tahun 2013 menyebutkan bahwa sebear 80% kasus kanker paru dialami oleh mereka yang merokok. Bahan – bahan berbahaya dalam rokok merusak sel paru – paru yang lama kelamaan dapat merusak sel tersebut dan bisa menjadi kanker. Namun bukkan hanya perokok aktif yang dapat mengidap kanker paru, perokok pasif pun memiliki kemungkinan sebesar 20 sampai 30% untuk dapat terjangkit kanker paru – paru. Semakin banyak seseorang terpapar asap rokok, semakin besar resiko terkena kanker paru.


Sebagian kanker paru tidak menujukkan gejala pada stadium awal. Gejala dan tanda kanker paru baru terjadi pada kasus stadium lanjut. Pada gejala lokal, akan terjadi batuk baru atau batuk yang lebih hebat pada batuk kronis, hemoptisis, mengi/stridor karena onstruksi saluran napas, kadang terdapat kavitas seperti pembengkakan pada paru dan atelektasis. Adapun gejala yang terjadi pada invasi lokal seperti nyeri dada secara konstan, batuk darah, sesak napas karena adanya peningkatan lendir paru, invasi ke perikardium yang menyebabkan tamponade atau aritmia, sindrom vena kava superior, sindrom Horner, suara serak karena penekanan berulang pada nasolaringeal, sindrom Pancoast karena adanya invasi pada pleksus brachialis dan saraf simpatis servikalis. Sering terkena infeksi paru seperti pneumonia juga bisa menjadi tanda dari kanker paru. Selain itu kehilangan berat badan tanpa sebab dan merasa letih setiap saat pun termasuk tanda dari kanker pada umumnya.


Dari berbagai faktor penyebab di atas, yang paling sering menyebabkan kanker paru adalah gaya hidup, yaitu perokok berat. Maka untuk mencegah penyakit yang bisa berkembang menjadi kanker paru adalah menghindari paparan asap rokok dan mulai mengurangi atau bahkan berhenti merokok. Jangan sungkan untuk meminta teman atau kerabat anda untuk tidak merokok di dekat anda. Hindari pula paparan uap berlebihan, perbanyak asupan nutrisi terutama buah dan sayur yang banyak mengandung antioksidan serta berolahraga secara rutin.

 

 

 

 

Sumber Gambar : https://mediaindonesia.com/read/detail/202055-kanker-paru-paru-paling-mematikan


Bagikan Artikel ini :


Dukung Youtube Channel Kami :



← Kembali