Faktor Resiko Batu Ginjal Dan Pencegahannya --- Faktor Resiko Kanker Ovarium Menjadi Momok Menakutkan Bagi Perempuan --- Kanker Paru Penyebab Kematian Utama Dalam Kelompok Kanker --- Kanker Darah Gangguan Pada Sistem Hematopoetik Total Terkait Dengan Sumsum Tulang Belakang Dan Pembuluh Limfe --- 80% Penderita Kanker Paru Adalah Mereka Yang Merokok ---

Detail Artikel

Beranda - Artikel - Detail Artikel

← Kembali

80% Penderita Kanker Paru Adalah Mereka Yang Merokok


80% Penderita Kanker Paru adalah mereka yang Merokok

 

Secara garis besar, kita mengetahui kanker paru adalah sel kanker yang tumbuh dan berkembang pesat pada organ pernapasan. Penderita kanker paru akan mengalami batuk yang semakin memburuk, batuk darah, sesak napas atau kesulitan bernapas, kelelahan, kehilangan berat badan secara drastis tanpa sebab, serta adanya infeksi penyakit paru seperti pneumonia yang berulang. Zat karsinogenik penyebab utama kanker paru adalah asap rokok. Diketahui 80% penderita kanker paru adalah mereka yang merokok. Namun mereka yang tidak merokok atau perokok pasif belum tentu bisa terhindar dari resiko kanker paru. Karena 20 sampai 30% penderita kanker paru adalah mereka para perokok pasif yang terkena paparan asap rokok secara berlebihan.


Kanker paru dapat dibagi menjadi dua jenis. Yaitu Small Cell Lung Cancer (SCLC), dan Non Small Cell Lung Cancer (NSCLC). Kanker Paru dengan jenis Non Small Cell Lung Cancer atau Kanker Paru – Paru Non – Sel Kecil adalah tipe yang paling umum dari kanker paru. Tipe kanker ini tidak seagresif SCLC. Tipe kanker ini cenderung tumbuh dan menyebar lebih lambat. Sedangkan SCLC adalah kanker yang memiliki tingkat pertumbuhan pesat dan menyebar lebih cepat ke pembuluh darah menuju anggota tubuh lainnya. Sekitar 20% dari kanker paru adalah tipe. Kanker tipe NSCLC terbagi lagi menjadi tiga jenis. Yaitu:


Adenokarsinoma
Ini adalah tipe NSCLC yang paling umum dari kanker paru. Biasanya lebih banyak muncul pada penderita wanita. Kanker tipe ini berkembang dari sel – sel yang memproduksi lendir pada permukaan saluran udara.


Karsinoma Skuamosa
Jenis ini adalah yang paling sering dan umum ditemukan pada penderita kanker paru pria dan orang tua. Karsinoma skuamosa berkembang dalam sel yang mengisi saluran udara, dan kanker ini tumbuh relatif lebih lambat.


Kasinoma Sel Besar
Biasa ditemukan pertama kali di saluran pernapasan yang lebih kecil dan dapat menyebar dengan cepat. Tipe ini sering juga disebut karsinoma tidak berdiferensiasi karena bentuk sel kanker ini bundar dan besar.


Global Biosience (2013) menyebutkan tahapan kanker paru adalah sebagai berikut :

Tahap perkembangan SCLC

Tahap terbatas
Merupakan tahapan dimana kanker hanya ditemukan pada satu bagian paru – paru dan pada jaringan di sekitarnya

Tahap Ekstensif
Tahapan dimana sel kanker ditemukan pada jaringan dada di luar paru – paru ataupun pada organ – organ tubuh yang jauh

Tahap perkembangan NSCLC

Tahap tersembunyi
Adalah tahap dimana sel kanker ditemukan pada dahak penderita tetapi tidak terlihat adanya tumor di paru – paru

Stadium 0
Tahap ditemukannya sel – sel kanker hanya pada lapisan terdalam paru – paru dan tidak bersifat invasif

Stadium I
Tahap dimana kanker yang hanya ditemukan pada paru – paru dan belum menyebar ke kelenjar getah bening sekitarnya

Stadium II
Tahap ketika sel kanker ditemukan pada paru – paru dan kelenjar getah bening di dekatnya

Stadium III
Merupakan tahap kanker yang telah menyebar ke daerah di sekitarnya, seperti dinding dada, diagframa, pembuluh besar atau kelenjar getah bening di sisi yang sama ataupun di sisi berlawanan dari tumor tersebut

Stadium IV
Merupakan tahap ketika kanker ditemukan lebih dari satu lobus paru. Sel – sel kanker telah menyebar juga ke organ tubuh lainnya seperti otak, kelenjar adrenalin, hati dan tulang.

 

 

 

 

Sumber Gambar :

https://akurat.co/gayahidup/


Bagikan Artikel ini :


Dukung Youtube Channel Kami :



← Kembali