Waspada Edema dapat Menandakan Penyakit Serius

18/08/2021 19:00:00 WIB
Waspada Edema dapat Menandakan Penyakit Serius Sumber gambarCMIhospital.com - Ilustrasi Edema pada Kaki
Penulis Rizka Medina

BANDUNG, CMIHOSPITAL.COM - Edema adalah penumpukan cairan dalam tubuh seseorang, tepatnya dalam ruang antar sel tubuh, hal ini diakibatkan oleh keluarnya cairan dari pembuluh darah ke jaringan di sekitarnya sehingga bagian tubuh tertentu menjadi membengkak. Edema dapat bersifat ringan atau tidak berbahaya dan juga dapat berbahaya karena menandakan kondisi atau penyakit lain yang serius, seperti gagal jantung, gagal ginjal, gangguan hati, serta gangguan pada organ otak. Edema ringan dapat terjadi akibat seseorang terlalu lama berdiri atau terlalu lama duduk, terlalu banyak mengonsumsi makanan berkadar garam tinggi, pre-menstruasi, dan kehamilan pada wanita. Meskipun begitu, pemeriksaan edema ke dokter tetap diperlukan mengingat edema dapat pula menjadi penanda penyakit-penyakit serius lainnya.

Waspada Edema dapat Menandakan Penyakit Serius Sumber gambarCMIhospital.com - Ilustrasi Edema pada Paru-paru

Selain pembengkakan pada tubuh, edema juga menimbulkan gejala lainnya, diantaranya dapat menyebabkan kulit area edema terlihat mengkilap dan terasa kencang atau kaku, menimbulkan lubang seperti lesung pipi selama beberapa waktu jika kulit area edema ditekan, rasa sesak napas dan batuk bila terjadi di paru-paru, serta jika terjadi di area kaki maka dapat menyebabkan pasien sulit berjalan dan dapat menyebabkan gangguan aliran darah. Seseorang yang mengalami edema dapat melakukan pemeriksaan tes urin, tes darah, dan pemindaian dengan USG, MRI, serta Ekokardiografi untuk mengetahui penyebab edemanya. Jika tidak segera diatasi, edema dapat menimbulkan komplikasi-komplikasi berupa sulit berjalan; rasa nyeri; kulit semakin menegang dan terasa gatal; menyebabkan luka di antara lapisan jaringan tubuh; berisiko menimbulkan luka terbuka pada kulit; dan menurunkan elastisitas pembuluh darah, sendi, dan otot.



Klinik Utama CMI memiliki keunggulan pada perawatan penyakit Kanker, Jantung, Ginjal, dan Diabetes. Kami mengadopsi metode pengobatan komplementer kedokteran klasik berbasis terapi formula Ibnu Sina yang terintegrasi dengan metode konvensional kedokteran modern, sehingga tingkat kenyamanan pasien lebih tinggi, minim efek samping dan tanpa tindakan invasif.



Baca berikutnya :
Indeks Glikemik pada Pola Makan Diabetes

Kanal Youtube :




Terkini Lainnya

Indeks Glikemik pada Pola Makan Diabetes

Indeks Glikemik pada Pola Makan Diabetes

Artikel Diabetes
|
Diagnosis Anemia Aplastik Berujung Leukemia

Diagnosis Anemia Aplastik Berujung Leukemia

Kisah Nyata Pasien Kanker
|
Diabetes “The Silent Killer”

Diabetes “The Silent Killer”

Kisah Nyata Pasien Diabetes
|
Strabismus, Kelainan Mata yang Jangan Disepelekan

Strabismus, Kelainan Mata yang Jangan Disepelekan

Umum
|
Kanker Payudara dan Ketakutanku

Kanker Payudara dan Ketakutanku

Kisah Nyata Pasien Kanker
|

Konsultasi Gratis