Tuberkulosis (TBC) pada Pasien dengan Kekebalan Tubuh Rendah

18/09/2021 19:00:00 WIB
Tuberkulosis (TBC) pada Pasien dengan Kekebalan Tubuh Rendah Sumber gambarCMIhospital.com - Ilustrasi Tuberkulosis
Penulis Rizka Medina

BANDUNG, CMIHOSPITAL.COM - Tuberkulosis atau TBC adalah penyakit yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis yang tidak hanya dapat menyerang paru-paru penderitanya, tetapi juga dapat menyerang tulang, usus, atau kelenjar. Penyakit ini ditularkan melalui droplet atau percikan ludah yang keluar dari penderita TBC ketika sedang berbicara, batuk, atau pun bersin. Penularannya akan lebih rentan pada seseorang yang sedang memiliki kekebalan tubuh yang rendah, seperti pada pasien kanker yang baru saja menjalani kemoterapi atau radiasi, autoimun, diabetes, HIV, dan penyakit lainnya.

Tuberkulosis (TBC) pada Pasien dengan Kekebalan Tubuh Rendah Sumber gambarCMIhospital.com - Ilustrasi Gejala Tuberkulosis

TBC akan menimbulkan gejala berupa batuk berdahak atau kering, normal atau berdarah, yang berlangsung lama (dapat lebih dari 3 minggu) disertai demam, nyeri dada, tidak nafsu makan, lemas, berat badan menurun, dan berkeringat di malam hari. Diagnosis TBC dapat dilakukan melalui pemeriksaan dahak, rontgen dada, pemeriksaan darah, atau uji kulit tuberkulin (Tes Mantoux). Pasien yang dinyatakan terkena TBC dapat diobati dengan mengonsumsi obat-obatan sesuai dengan resep dokter minimal 6 bulan hingga dinyatakan sembuh. Penyakit TBC dapat dicegah dengan vaksinasi BCG sebelum bayi berusia 2 bulan, menggunakan masker saat berada di tempat ramai, menutup mulut ketika bersin dan batuk, serta tidak membuang dahak atau meludah sembarangan.



Klinik Utama CMI memiliki keunggulan pada perawatan penyakit Kanker, Jantung, Ginjal, dan Diabetes. Kami mengadopsi metode pengobatan komplementer kedokteran klasik berbasis terapi formula Ibnu Sina yang terintegrasi dengan metode konvensional kedokteran modern, sehingga tingkat kenyamanan pasien lebih tinggi, minim efek samping dan tanpa tindakan invasif.



Baca berikutnya :
Mengapa Gula Enak? Pt.2

Kanal Youtube :




Terkini Lainnya

Mengapa Gula Enak? Pt.2

Mengapa Gula Enak? Pt.2

Sahabat CMI
|
Gejala Limfoma, Kanker Darah Langka

Gejala Limfoma, Kanker Darah Langka

Tentang Kanker
|
Mastektomi Hilangkan Kanker Payudara

Mastektomi Hilangkan Kanker Payudara

Tentang Kanker
|
Komplikasi Cuci Darah Pada Pasien Penyakit Ginjal

Komplikasi Cuci Darah Pada Pasien Penyakit Ginjal

Tentang Ginjal
|
Diabetes Pt.3

Diabetes Pt.3

Sahabat CMI
|

Konsultasi Gratis