Selamat Memperingati Hari Hemofilia (Kelainan Darah Langka) Sedunia Tahun 2022!

18/04/2022 07:00:00 WIB
Selamat Memperingati Hari Hemofilia (Kelainan Darah Langka) Sedunia Tahun 2022! Sumber gambarwfh.org - Hari Hemofilia Sedunia 2022

BANDUNG, CMIHOSPITAL.COM – Tahukah kamu, kata hemofilia diambil dari Bahasa Yunani Kuno yaitu haima dan philia yang berarti darah dan cinta, dengan begitu hemofilia memiliki arti kelainan dalam darah yang diturunkan oleh ibu kepada anaknya. Kelainan genetik ini merupakan kondisi langka yang terjadi akibat mutasi genetik sehingga penderitanya kekurangan protein pembentuk faktor pembekuan darah. Akibatnya, proses pembekuan darah penderita hemofilia menjadi lebih lambat dibandingkan dengan orang normal pada umumnya.
 
Menurut Prof. dr. Djajadiman Gatot, Ketua Himpunan Masyarakat Hemofilia Indonesia (HMHI), penderita hemofilia dapat mengalami perdarahan tanpa atau dengan trauma. Jika penderita mengalami perdarahan dengan trauma maka penderita dapat mengalami cacat fisik permanen, bahkan kematian. Selain itu, penderita juga dapat mengalami perdarahan spontan yang tidak terkendali sehingga penderita dapat mengalami gusi berdarah, mimisan, adanya darah pada urin dan feses, persendian bengkak, bahkan kematian jika perdarahan terjadi di area otak.

Selamat Memperingati Hari Hemofilia (Kelainan Darah Langka) Sedunia Tahun 2022! Sumber gambarwww.invitra.com - Kelainaan pembekuan darah pada Hemofilia

Pencegahan dan Tindakan Sementara Perdarahan Ringan Penderita Hemofilia
 
Perdarahan tidak terkendali pada penderita hemofilia dapat dicegah dengan cara menjalani pola hidup sehat seperti menjaga pola makan dan melakukan aktivitas fisik teratur agar berat badan tetap terjaga dan tidak menambah beban persendian tubuh, rutin melakukan pemeriksaan kondisi persendian dan otot ke dokter, serta menerima vaksinasi berbagai penyakit menular yang telah didiskusikan dengan dokter. Dilansir dari laman Kemenkes, jika penderita hemofilia mengalami perdarahan ringan maka penderita disarankan untuk melakukan tindakan sementara sendiri, yaitu dengan penanganan RICE. RICE adalah singkatan dari Rest (mengistirahatkan sendi atau lokasi lain yang berdarah), Ice (mengompres area perdarahan dengan menggunakan es), dan Elevation (meninggikan posisi area perdarahan sehingga berada di atas jantung).
 
Dampak dari hemofilia tidak hanya menyerang kondisi fisik penderita, melainkan psikis dan juga kondisi ekonomi karena umumnya pengobatan hemofilia berlangsung seumur hidup. Dari sanalah Federasi Hemofilia Sedunia membuat peringatan Hari Hemofilia Sedunia setiap tanggal 17 April, bersamaan dengan ulang tahun pendiri lembaga tersebut, Frank Schnabel. Di tahun 2022 ini, Federasi Hemofilia Sedunia membuat tema “Akses untuk Semua: Kemitraan. Aturan. Kemajuan. Melibatkan pemerintah Anda, mengintegrasikan kelainan perdarahan bawaan ke dalam kebijakan nasional” untuk memperingati Hari Hemofilia Sedunia 2022. Dari tema ini, Klinik Utama dan Laboratorium CMI mengajak masyarakat untuk turut membantu dan memahami penderita hemofilia dengan menyebarkan kesadaran masyarakat, serta membantu penderita hemofilia untuk mendapatkan akses penyembuhan yang lebih baik. Mari bersama bergandengan tangan melawan kelainan perdarahan hari ini.



Klinik Utama CMI memiliki keunggulan pada perawatan penyakit Kanker, Jantung, Ginjal, dan Diabetes. Kami mengadopsi metode pengobatan komplementer kedokteran klasik berbasis terapi formula Ibnu Sina yang terintegrasi dengan metode konvensional kedokteran modern, sehingga tingkat kenyamanan pasien lebih tinggi, minim efek samping dan tanpa tindakan invasif.



Baca berikutnya :
Jangan Disepelekan, Tumor Payudara dapat Menyerang Wanita Usia Muda (Lanjutan)

Kanal Youtube :




Terkini Lainnya


Konsultasi Gratis