Dilihat : 54 x

Selain Memperbaiki Mood, Cokelat Pun Menyehatkan

Penulis :

Selain Memperbaiki Mood, Cokelat Pun Menyehatkan

BANDUNG, CMIHOSPITAL.COM - Ketika kanak-kanak, bahkan mungkin hingga dewasa, cokelat terasa begitu surgawi. Suasaa hati pun membaik ketika menikmati cokelat. Sebenarnya apa yang membuat cokelat begitu menggembirakan?


    Dalam cokelat, terdapat kandungan phenylethylamine, substansi mirip amphetamine yang dapat meningkatkan serapan triptofan ke dalam otak dan menghasilkan dopamin. Hormon dopamine inilah yang membuat seseorang akan merasa senang dan bahagia ketika mengkonsumsi cokelat. Namun, lebih dari itu, cokelat juga merupakan kudapan yang menyehatkan!

Selain Memperbaiki Mood, Cokelat Pun Menyehatkan

    Cokelat mengandung antioksidan berupa kelompok flavonoids yang dapat meningkatkan HDL (kolesterol baik), dan menurunkan LDL (kolesterol jahat) sehingga baik untuk mencegah penyakit jantung koroner. Antioksidan juga dapat mengurangi efek perusakan sel secara radikal dalam tubuh. Selain itu, cokelat juga mengandung flavanol yang dapat membantu memelihara kesehatan jantung dengan cara memperlancar sirkulasi darah dan mengurangi pembekuan darah. Tapi, perlu diingat bahwa manfaat cokelat dapat dinikmati sepenuhnya pada coklat hitam (dark chocolate) yang tidak mengandung gula. Walaupun mengecewakan, gula pada coklatlah yang membuat para orang tua dan remaja khawatir akan kegemukan,  kerusakan pada gigi dan berbagi gangguan kesehatan.

Share on: