Kanker Serviks, Gejala dan Komplikasi pada Penyakit Ginjal (Lanjutan)

26/08/2021 19:00:00 WIB
Kanker Serviks, Gejala dan Komplikasi pada Penyakit Ginjal (Lanjutan) Sumber gambarCMIhospital.com - Ilustrasi Kanker Serviks
Penulis Rizka Medina

BANDUNG, CMIHOSPITAL.COM – Perdarahan akibat kanker serviks kali ini lebih hebat dari sebelumnya, pernah sekali waktu perdarahan hebat menyebabkan Ibu Suprihatin pingsan di fasilitas umum, mengagetkan masyarakat sekitar yang sedang takut-takutnya akan wabah penyakit Covid-19 yang sedang melanda dunia. Untung saja saat itu, ada perawat yang berani menolong dan membawa Ibu Suprihatin ke Rumah Sakit terdekat, akibat kejadian tersebut Ibu Suprihatin pun akhirnya memutuskan menjalani pengobatan kanker kembali, namun kali ini dengan pengobatan Radioterapi1 selama satu tahun sampai akhirnya dinyatakan sembuh. Menurut Ibu Suprihatin efek samping dari radioterapi tidak sesakit efek samping dari kemoterapi, meskipun begitu, dirinya tetap sering mengalami drop hingga pingsan setelah menjalani radioterapi. Efek samping yang dirasakan Ibu Suprihatin setelah radioterapi adalah munculnya rasa sakit di seluruh tubuh seperti pegal dan linu yang teramat sakit, rasa mual, lemas, dan lecet di area vagina akibat terkena air setelah usai melakukan buang air kecil.

Kanker Serviks, Gejala dan Komplikasi pada Penyakit Ginjal (Lanjutan) Sumber gambarCMIhospital.com - Ilustrasi Hidronefrosis

Setelah berjuang melawan Kanker Serviks, di tahun 2021, tiba-tiba saja Ibu Suprihatin mengalami pembengkakan di kandung kemihnya, akibatnya, tubuh Ibu Suprihatin tidak mampu mengeluarkan air kencing selama 5 (lima) hari. Setelah melakukan pemeriksaan diri ke dokter spesialis urologi2, Ibu Suprihatin dianjurkan untuk segera melakukan Cuci Darah3 dan menjalani tindakan operasi Nefrostomi4 di kedua ginjalnya untuk menghindari penyakit gagal ginjal. Saat ini, Ibu Suprihatin sedang menunggu jadwal MRI5 untuk mendeteksi apakah di dalam tubuhnya ini ada massa dari sel kanker sebelumnya yang mungkin kembali muncul atau menyebar sehingga menyebabkan pembengkakan pada kedua ginjalnya. Ibu Suprihatin tidak memiliki riwayat keluarga yang pernah mengalami Kanker Serviks ataupun Penyakit Ginjal, menurutnya, penyakitnya ini timbul akibat pola hidupnya yang tidak terjaga di waktu masa mudanya. Sebagai penutup, Ibu Suprihatin memberi pesan untuk kita semua supaya selalu menjaga kesehatan, menjaga pola hidup, dan menjaga pola makan, jangan seperti dirinya dahulu yang tidak memikirkan kesehatan dan terlalu fokus bekerja. Semoga Ibu Suprihatin lekas sembuh ya, Bu. Aamiin.

1. Radioterapi : pengobatan penyakit kanker dengan sinar radiasi.
2. Urologi : cabang ilmu kesehatan yang mempelajari kelainan pada saluran kemih dan genital pada laki-laki dan saluran kemih pada wanita.
3. Cuci darah atau hemodialisis : prosedur untuk menggantikan fungsi ginjal yang sudah tidak bisa bekerja dengan baik akibat kerusakan pada organ tersebut.
4. Nefrostomi : prosedur pemasangan saluran kateter guna mengeluarkan urine dari ginjal.
5. MRI atau Magnetic Resonance Imaging : pemeriksaan organ tubuh yang dilakukan dengan menggunakan teknologi magnet dan gelombang radio.



Klinik Utama CMI memiliki keunggulan pada perawatan penyakit Kanker, Jantung, Ginjal, dan Diabetes. Kami mengadopsi metode pengobatan komplementer kedokteran klasik berbasis terapi formula Ibnu Sina yang terintegrasi dengan metode konvensional kedokteran modern, sehingga tingkat kenyamanan pasien lebih tinggi, minim efek samping dan tanpa tindakan invasif.



Baca berikutnya :
Pengobatan Gagal Ginjal Kakek Kho

Kanal Youtube :




Terkini Lainnya

Pengobatan Gagal Ginjal Kakek Kho

Pengobatan Gagal Ginjal Kakek Kho

Kisah Nyata Pasien Ginjal
|
Asam Urat Penyebab Gagal Ginjal Kronis

Asam Urat Penyebab Gagal Ginjal Kronis

Kisah Nyata Pasien Ginjal
|
Bincang Kita : Sakit Ginjal Mungkinkah Tanpa Cuci Darah

Bincang Kita : Sakit Ginjal Mungkinkah Tanpa Cuci Darah

Video Ginjal
|
Bincang Kita : Mungkinkah Gagal Ginjal Teratasi Tanpa Cuci Darah?

Bincang Kita : Mungkinkah Gagal Ginjal Teratasi Tanpa Cuci Darah?

Video Ginjal
|
Perjuangan Pasien Kanker Kelenjar Getah Bening

Perjuangan Pasien Kanker Kelenjar Getah Bening

Kisah Nyata Pasien Kanker
|



Konsultasi Gratis