Gagal Ginjal Akut : Penyebab, Gejala, dan Pengobatannya

22/09/2021 19:00:00 WIB
Gagal Ginjal Akut : Penyebab, Gejala, dan Pengobatannya Sumber gambarCMIhospital.com - Ilustrasi Gagal Ginjal Akut
Penulis Rizka Medina

BANDUNG, CMIHOSPITAL.COM - Gagal ginjal akut adalah kondisi ketika ginjal tidak berfungsi secara tiba-tiba akibat adanya gangguan aliran darah ke ginjal (prerenal), kerusakan pada organ ginjal, atau adanya sumbatan pada saluran urine (postrenal). Hal yang dapat memicu gangguan aliran darah ke ginjal diantaranya operasi, penyakit hati, penyakit jantung, luka bakar berat, kehilangan banyak darah atau cairan tubuh, infeksi berat, dan konsumsi obat-obatan. Gagal ginjal akut akibat kerusakan pada ginjal dapat terjadi akibat adanya peradangan pada glomerulus, kerusakan pada jaringan otot, penumpukan kolesterol, penggumpalan darah, skleroderma (kelompok penyakit yang menyerang kulit dan jaringan ikat), sel darah merah pecah terlalu cepat, hancurnya sel-sel tumor yang berakibat pada lepasnya racun, infeksi berat, penggunaan obat-obatan. Sedangkan akibat penyumbatan pada saluran urine dapat diakibatkan oleh batu ginjal, tumor, pembesaran prostat, penyempitan saluran kemih, kerusakan saraf kandung kemih, efek samping operasi pada panggul, dan penggumpalan darah ginjal.

Gagal Ginjal Akut : Penyebab, Gejala, dan Pengobatannya Sumber gambarCMIhospital.com - Ilustrasi Perbedaan Kondisi Ginjal

Meskipun banyak penyebabnya, jika gagal ginjal akut terdeteksi dini dan ditangani secara cepat dan tepat, penyakit ini dapat disembuhkan dengan cara mengatur pola makan seperti membatasi konsumsi makanan tinggi garam dan kalium; konsumsi obat-obatan untuk menyeimbangkan kadar elektrolit dalam darah, sebagai obat diuretik untuk mengeluarkan kelebihan cairan, dan antibiotik jika disebabkan oleh infeksi bakteri; serta Cuci Darah jika kerusakan ginjal cukup parah. Gejala yang timbul pada penyakit gagal ginjal akut adalah jumlah dan frekuensi urine berkurang, pembengkakan pada tungkai, gatal pada kulit, tremor di tangan, sakit di perut dan punggung, nyeri atau pembengkakan pada sendi, nyeri dada, sesak napas, gangguan irama jantung, mudah lelah, mual dan muntah, nafsu makan menurun, dan demam. Jika gagal ginjal akut tidak tertangani maka dapat menyebabkan komplikasi seperti gangguan sistem pencernaan, ketidakseimbangan elektrolit tubuh, Edema, gangguan saraf akibat penumpukan ureum, tingginya kadar kalium (hiperkalemia), meningkatkan kadar asam dalam darah, dan Gagal Ginjal Kronis.



Klinik Utama CMI memiliki keunggulan pada perawatan penyakit Kanker, Jantung, Ginjal, dan Diabetes. Kami mengadopsi metode pengobatan komplementer kedokteran klasik berbasis terapi formula Ibnu Sina yang terintegrasi dengan metode konvensional kedokteran modern, sehingga tingkat kenyamanan pasien lebih tinggi, minim efek samping dan tanpa tindakan invasif.



Baca berikutnya :
Tuberkulosis (TBC) pada Pasien dengan Kekebalan Tubuh Rendah

Kanal Youtube :




Terkini Lainnya

Tuberkulosis (TBC) pada Pasien dengan Kekebalan Tubuh Rendah

Tuberkulosis (TBC) pada Pasien dengan Kekebalan Tubuh Rendah

Umum
|
Kanker Nasofaring Nyaris Menghilangkan Suaraku

Kanker Nasofaring Nyaris Menghilangkan Suaraku

Artikel Kanker
|
Gagal Ginjal dan "2 Tahun Cuci Darah"

Gagal Ginjal dan "2 Tahun Cuci Darah"

Kisah Nyata Pasien Ginjal
|
Pemasangan Ring Jantung bagi Pasien PJK

Pemasangan Ring Jantung bagi Pasien PJK

Tentang Jantung
|
Asam Urat Penyebab Gagal Ginjal Kronis

Asam Urat Penyebab Gagal Ginjal Kronis

Artikel Ginjal
|

Konsultasi Gratis