Dilihat : 174 x

Bukan Hanya Nyeri Dada, Inilah Gejala Serangan Jantung

Penulis :

Bukan Hanya Nyeri Dada, Inilah Gejala Serangan Jantung

BANDUNG, CMIHOSPITAL.COM - Serangan jantung terjadi ketika secara mendadak organ jantung tidak menerima asupan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan untuk dapat memompa darah ke seluruh tubuh. Kondisi ini dapat diakibatkan oleh penyempitan pembuluh darah yang memblokade aliran darah menuju jantung yang biasa dikenal dengan penyakit jantung koroner. Jika kondisi ini tidak segera ditangani maka otot jantung dapat mengalami kerusakan yang lebih parah dan berhenti berdetak, hal ini dapat menyebabkan kematian mendadak pada seseorang.


Gejala Serangan Jantung


Potensi serangan jantung bisa diantisipasi dengan mengetahui apa saja gejalanya. Berikut gejala serangan jantung yang perlu diwaspadai:

1. Sesak napas
Jantung berperan penting dalam mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh melalui darah. Apabila oksigen tidak diedarkan dengan baik maka tubuh akan merasa sesak. Biasanya rasa sesak ini diikuti dengan rasa nyeri di bagian dada.


2. Nyeri di bagian dada atau angina
Nyeri dada atau angina biasanya timbul karena adanya gangguan pada aliran darah menuju jantung. Penyempitan pembuluh darah arteri akibat penumpukan plak dapat menyebabkan aliran darah menuju jantung terhambat.


3. Detak jantung tidak beraturan atau aritmia
Penumpukan plak pada pembuluh darah jantung menyebabkan gangguan listrik jantung sehingga organ jantung akan berdetak tidak beraturan, lebih lambat atau lebih cepat.

 

Bukan Hanya Nyeri Dada, Inilah Gejala Serangan Jantung

4. Keluar keringat dingin
Ketika organ jantung kekurangan pasokan darah kaya oksigen dan nutrisi, organ jantung akan bekerja lebih keras untuk tetap dapat mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Kerja organ jantung yang lebih ekstra inilah yang membuat tubuh merespon dengan mengeluarkan keringat guna menurunkan suhu tubuh.


5. Masalah pencernaan (mual dan muntah)
Kerusakan otot jantung akibat kekurangan oksigen akan memicu peningkatan konsentrasi asam laktat sehingga seseorang akan mengalami mual dan muntah.


Gejala serangan jantung tidak selalu ditandai dengan nyeri di bagian dada (angina) dan detak jantung yang tidak beraturan (aritmia). Sesak napas, keringat dingin, bahkan masalah pencernaan seperti mual dan muntah juga berpotensi menjadi gejala serangan jantung. Konsultasi dengan dokter/ahli merupakan langkah terbaik untuk memperoleh solusi pengobatan terkait serangan jantung.



Solusi Pengobatan Jantung di CMI Hospital - Rumah Sakit Jantung


Jika Anda atau keluarga merasakan adanya gejala penyakit jantung, CMI Hospital - Rumah Sakit Jantung dapat menjadi pilihan Anda dan keluarga untuk lakukan pemeriksaan dan pengobatan jantung tanpa operasi. CMI Hospital - Rumah Sakit Jantung menangani penyakit jantung dengan pengobatan komplementer terintegrasi, tanpa tindakan operasi pemasangan ring dan bypass dengan pengobatan yang minim efek samping. Terapi jantung di CMI berfungsi untuk mengikis plak yang menumpuk pada dinding pembuluh darah jantung  sehingga pasien dapat menghindari pengobatan jantung dengan tindakan invasif dan komplikasi penyakit jantung seperti serangan jantung, stroke dan gagal jantung.
 
Informasi selengkapnya mengenai CMI Hospital - Rumah Sakit Jantung dan metode pengobatannya dapat melalui Call Center (022) 253 1000 atau WhatsApp +62 811 916 1166.

 

 

Share on: