Dilihat : 62 x

Apakah Susu Baik Hingga Usia Lanjut?

Penulis :

Apakah Susu Baik Hingga Usia Lanjut?

BANDUNG, CMIHOSPITAL.COM - Susu terkenal sebagai sumber kalsium dan vitamin D yang kerap kali disukai anak-anak. Ketika menginjak usia lanjut, beberapa berpendapat bahwa susu tidak lagi diperlukan layaknya aanak-anak bahkan sebaiknya dihindari. Benarkah demikian?

    The Harvard T.H. Chan School of Public Health (HSPH) menyatakan bahwa susu baik bagi segala umur, namun terdapat pula “efek samping” pada usia lanjut. Konsumsi susu direkomendasikan dibatasi sebanyak satu hingga dua gelas saja per hari.

Apakah Susu Baik Hingga Usia Lanjut?

    Menurut HSPH, susu adalah sumber kalsium yang mudah didapat yang baik untuk menjaga kesehatan tulang. Minuman ini juga dapat membantu menurunkan risiko darah tinggi dan kanker usus besar. Namun, HSPH juga menjelaskan bahwa konsumsi susu melebihi jumlah rekomendasi tidak akan memberikan manfaat lebih bagi tubuh. Bahkan, konsumsi susu berlebih dapat menjadi fakto risiko kanker prostat dan ovarium. Konsumsi susu berlebih juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti kembung, keram perut, dan diare.

    Sumber kalsium dan vitamin D juga bisa didapat dari sumber lain seperti kuning telur, hati dan ikan laut. Jadi, tidak perlu kalap meminum susu untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D. kulit kita sendiri pun dapat memproduksi vitamin D dengan berjemur di bawah matahari pagi.

Share on: